Wajib Dicatat! 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

cara menghilangkan bekas jerawat

Munculnya jerawat di wajah seringkali membuat penampilan kurang menarik. Menjengkelkannya lagi jerawat yang muncul akan menghilangkan bekas yang dapat mengganggu penampilan. Tak heran, cara menghilangkan bekas jerawat menjadi hal yang sangat dicari terutama bagi wanita. 

Kenali Dahulu 2 Jenis Jerawat 

cara menghilangkan bekas jerawat
Terdapat 2 Jenis Jerawat yang Bisa Muncul di Permukaan Kulit

1. Jerawat Non Inflammatory

Jerawat non inflammatory merupakan jenis jerawat yang lebih mudah diatasi. Munculnya jerawat ini tidak disertai dengan peradangan. Jenis jerawat ini adalah komedo hitam dan komedo putih.

2. Jerawat Inflammatory 

Munculnya jerawat inflammatory akan lebih sulit diatasi karena disertai dengan peradangan. Biasanya jerawat ini akan lebih parah. Jenis dari jerawat ini adalah jerawat pustula bintik-bintik disertai infeksi.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Sebenarnya menghilangkan bekas jerawat sangat mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat juga mudah ditemukan di pasaran bahkan harganya juga sangat terjangkau. 

1. Lidah Buaya

Bahan alami yang bisa dipilih untuk menghilangkan bekas jerawat adalah lidah buaya. Lidah buaya ini dipercaya bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat. Pasalnya, di dalam lidah buaya mengandung aloin yang bisa mencerahkan kulit gelap. Senyawa aloin ini biasanya terdapat di gel lidah buaya.

Caranya dengan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian. Kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya kemudian haluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat.

2. Baking Soda 

cara menghilangkan bekas jerawat
Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Baking Soda

Baking soda memiliki fungsi untuk pengelupas sel kulit mati sehingga bisa membantu mengurangi bekas jerawat. Supaya wajah tidak kering disarankan setelah menggunakan baking soda mengaplikasikan pelembab wajah. Caranya campur dua sendok baking soda dan air hingga seperti pasta. 

Aplikasikan ke wajah seperti masker pada umumnya. Berikan pijatan halus ke bagian wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air. Supaya mendapatkan hasil maksimal sebaiknya lakukan perawatan ini lebih dari 2 kali dalam satu minggu.

3. Kentang 

Di dalam kentang terdapat kandungan vitamin dan juga mineral. Kandungan tersebut bisa menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam. Cara menggunakannya, iris kentang tipis-tipis kemudian tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

4. Madu 

cara menghilangkan bekas jerawat
Khasiat Madu untuk Bekas Jerawat

Madu memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menyembuhkan bekas jerawat secara alami. Selain itu juga mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi potensi pembentukan jaringan parut luka. Gunakan madu ini sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya bersihkan wajah menggunakan air hangat supaya pori-pori wajah terbuka. Lanjutkan dengan mengoleskan madu alami ke wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Bilas kembali menggunakan air dingin supaya pori-pori wajah kembali tertutup.

5. Tomat 

Tomat merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C. Kandungan lainnya adalah karoten yang ternyata merupakan antioksidan. Kandungan dalam tomat tersebut ternyata bisa menyembuhkan kerusakan kulit akibat munculnya jerawat. 

Cara menggunakannya yaitu iris tomat menjadi 3-4 bagian atau haluskan menjadi masker. Setelah itu tempelkan pada kulit wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih atau air es supaya lebih segar. Untuk hasil maksimal lakukan 3 kali dalam satu minggu. 

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tentu akan lebih dicari karena efek sampingnya yang rendah bagi kulit. Kandungan alami yang ada juga bisa membantu menutrisi kulit. Oleh karena itu, akan lebih dianjurkan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami dibandingkan obat. 

Itulah 5 cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami. Diharapkan penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan. Selain itu juga menambah informasi yang bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *