Penyebab dan Cara Mengatasi Eksim Saat Hamil

cara mengatasi eksim

Seorang ibu hamil seringkali mengalami bercak hitam pada kulit disertai dengan rasa gatal. Kondisi tersebut dikenal dengan nama eksim. Eksim merupakan keluhan yang terjadi terutama saat trisemester pertama dan kedua. Cara mengatasi eksim ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Gejala eksim ditandai dengan munculnya benjolan merah, kasar dan juga gatal. Eksim itu sendiri biasanya muncul pada wajah, dada dan leher. Munculnya penyakit ini terkait dengan fungsi kekebalan tubuh serta gangguan autoimun. 

Penyebab Eksim Saat Hamil 

cara mengatasi eksim
Munculnya Eksim pada Ibu Hamil

Hingga saat ini penyebab eksim saat hamil belum diketahui dengan pasti. Namun, para ahli berpendapat bahwa munculnya eksim dipicu oleh faktor keturunan dan lingkungan. Eksim saat hamil juga bisa dipicu oleh penurunan sistem imun, hormon, alergi, bahan kimia, dan sebagainya.

Apabila ibu hamil sudah pernah mengalami eksim sebelum hamil, biasanya eksim akan muncul kembali saat hamil. Selain itu juga akan lebih sering kambuh atau menjadi lebih buruk lagi saat hamil. Jika saat hamil mengalami gejala eksim atau keluhan lain pada kulit, sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan.

Cara Mengatasi Eksim Saat Hamil 

1. Mandi dengan Air Hangat 

Perlu diketahui jika air dingin menjadi salah satu pemicu eksim menjadi semakin gatal. Maka dari itu, penderita eksim disarankan untuk mandi menggunakan air hangat bukan air panas. Ibu hamil tidak direkomendasikan mandi dengan air panas.

2. Memilih Pakaian Longgar

cara mengatasi eksim
Mengenakan Pakaian yang Longgar dan Berbahan Katun

Cara mengatasi eksim saat hamil selanjutnya yaitu menggunakan pakaian longgar. Pasalnya, pakaian longgar tidak akan mengiritasi kulit. Disarankan juga untuk memilih pakaian yang terbuat dari katun. Hindari pakaian yang terbuat dari wol atau rajut karena bisa menyebabkan gesekan. 

3. Memakai Pelembab 

Kondisi kulit yang kering akan membuat eksim semakin parah. Akibatnya akan terlihat pecah-pecah bahkan lecet. Masalah ini bisa dihindari dengan cara menggunakan pelembab atau body lotion setelah mandi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembab, lembut dan juga terhidrasi dengan baik.

4. Hindari Sabun yang Mengandung Detergen

cara mengatasi eksim
Jangan Menggunakan Sabun yang Mengandung Detergen

Hampir semua jenis dan merk sabun mengandung detergen. Kulit yang mengalami eksim akan terasa panas jika terpapar sabun berdeterjen. Bagi penderita eksim disarankan untuk memilih sabun yang tidak berbusa atau sabun bayi. Bisa juga memilih sabun yang cocok untuk kulit sensitif. 

5. Menggunakan Air Humidifier 

Bagi ibu hamil yang tinggal di wilayah dengan iklim kering, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan pelembab di dalam rumah. Seperti yang diketahui udara kering menjadi salah satu pemicu eksim. Saat ini air humidifier banyak dijual di toko perlengkapan elektronik. 

6. Banyak Minum Air Putih  

Banyak minum air putih saat hamil memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi dalam kandungan. Selain itu, air putih bisa membantu kulit supaya tetap lembab dan terhidrasi. Kulit yang kering bisa memicu eksim menjadi semakin parah.

Mengalami eksim saat hamil umumnya tidak berbahaya bagi ibu maupun bayi dalam kandungan. Munculnya eksim tidak ada kaitannya dengan masalah kesuburan dan tidak menyebabkan komplikasi jangka panjang. Beberapa kasus, eksim bisa hilang setelah masa kehamilan. 

Itulah Penyebab dan cara mengatasi eksim saat hamil. Diharapkan uraian di atas bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai eksim. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *