Simak 7 Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi yang Ampuh

mencegah tekanan darah tinggi

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi jika tekanan darah sistolik lebih dari 140 dan diastolik lebih dari 90. Banyak cara dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi karena kondisi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada organ tubuh seperti jantung dan ginjal. 

Tekanan darah tinggi sering diabaikan karena tidak menimbulkan gejala. Penderita baru mengetahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh ahli kesehatan. Kamu bisa melakukan beberapa langkah yang dapat mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dengan menyimak artikel berikut ini.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi yang Ampuh

Meski terkesan sepele nyatanya tekanan darah tinggi harus diwaspadai. Supaya tidak menimbulkan komplikasi kesehatan yang jauh lebih berbahaya. Berikut adalah cara mencegah tekanan darah tinggi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat mencegah tekanan darah tinggi. Lakukan olahraga secara teratur 3 hingga 5 kali dalam seminggu minimal setengah jam. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging. Selingi dengan olahraga dengan intensitas sedang seperti renang, bersepeda, maupun aerobik.

2. Menghindari Konsumsi Garam Berlebih

mencegah tekanan darah tinggi
Jangan mengkonsumsi makanan dengan terlalu banyak garam

Garam memiliki sifat menahan cairan. Jika kandungan garam di dalam tubuh berada dalam jumlah yang berlebihan, maka cairan dapat tertahan di pembuluh darah. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih berat.

3. Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Terapkan pola makan sehat untuk mencegah tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Kamu dapat mengonsumsi aneka buah berry, pisang, jambu biji, delima, dan alpukat yang terkenal dapat mengontrol tekanan darah. Selain itu, rajinlah konsumsi sayur. 

Terutama sayur seperti bayam, sawi, kubis, dan brokoli. Apabila terlanjur memiliki tekanan darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi jus seledri. Seledri kaya akan mineral dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu keseimbangan air di dalam tubuh.

4. Hindari Makanan Olahan

mencegah tekanan darah tinggi
Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan

Makanan olahan dan cepat saji biasanya diawetkan dengan menambahkan sejumlah besar garam. Oleh karenanya makanan ini menjadi tinggi kandungan natrium. Hindari kedua jenis makanan ini, karena selain mengandung bahan penyedap, natrium di dalamnya dapat meningkatkan tekanan darah.

5. Tidak Mengkonsumsi Makanan Berlemak Jenuh

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti kulit ayam daging binatang berkaki empat beserta olahannya (susu, mentega, dan keju). Jenis makanan ini tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kondisi ini dapat memperburuk tekanan darahmu.

Sebaliknya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh. Tahu, tempe, ikan salmon, tuna, kacang-kacangan adalah contoh makanan tersebut. Ini sangat baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kandungan kolesterol baik di dalam tubuh dan menekan kolesterol jahat. 

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

mencegah tekanan darah tinggi
Jaga berat badan supaya tetap stabil

Kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Jagalah berat badan agar tetap ideal dengan menerapkan pola makan sehat, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta banyak minum air putih. Dengan begitu tekanan darahmu bisa terjaga. 

7. Mengatasi Stres

Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mempercepat detak jantung dan mempersempit pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Oleh karenanya kamu harus bisa mengatasi stres dengan baik agar tidak berkepanjangan dan menyebabkan tekanan darah naik. 

Kamu dapat mengelola stres dengan mengatur gaya hidup seperti melakukan hal-hal yang dapat membuat rileks. Lakukan aktivitas  seperti berkumpul bersama teman, musik yang lembut, serta istirahat yang cukup dan berkualitas. Selalu ingat tubuh yang sehat juga diawali dengan pikiran sehat. 

Demikianlah cara mencegah tekanan darah tinggi yang ampuh dan mudah untuk dilakukan. Sebaiknya hindari minuman beralkohol dan rokok untuk menjaga kesehatanmu. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter atau tenaga medis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *