Inilah Cara Membentuk Otot Punggung yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah

Setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan terlihat menarik. Ada berbagai cara yang biasa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Bagi para wanita, memiliki tubuh yang langsing adalah fokus utama yang ingin dicapai. Namun para pria memiliki fokus utama berbeda dengan wanita. Kaum pria biasanya lebih fokus membentuk otot punggung agar terlihat kekar dan kuat.

Salah satu otot yang banyak menjadi fokus kaum pria adalah otot punggung. Otot punggung merupakan kelompok otot utama dalam tubuh.  Melatih dan membentuk otot ini bisa membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Banyak yang beranggapan bahwa untuk melatih otot punggung hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran. Namun sebenarnya membentuk ototbisa dilakukan sendiri di rumah.

Untuk membentuk otot tubuh bagian punggung, Anda bisa menggunakan bobot tubuh Anda sendiri, maupun menggunakan peralatan sederhana bahkan sambil melakukan tugas-tugas rumah tangga. Jika Anda ingin membentuk otot bagian punggung menggunakan bobot tubuh Anda sendiri, Anda bisa mulai melakukan latihan fisik ringan seperti melakukan gerakan tengkurap dan memposisikan tangan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

Setelah Anda berhasil memposisikan tubuh pada posisi yang tepat, Anda bisa mulai menggerakan tangan Anda ke bagian atas tubuh Anda dan mengembalikannya ke bagian bawah tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 5 kali repetisi dan waktu 60 detik pada setiap setnya. Latihan membentuk otot punggung ini juga sering disebut gerakan malaikat salju.

Jika Anda ingin berlatih menggunakan bantuan alat sederhana, Anda bisa memulai dengan bantuan barbel. Latihan otot punggung menggunakan barbel bisa Anda mulai dengan mengangkat barbel dengan posisi tangan direntangkan. Agar latihan lebih maksimal, Anda bisa menekuk pinggang Anda hingga posisi membungkuk sementara kaki direntangkan selebar bahu dan lutut tertekuk, punggung lurus, otot perut ditarik ke dalam, bokong mengarah ke luar.

Bagaimana Cara Membentuk Otot Punggung?

Ulangi latihan ini secara perlahan selama 30 detik setiap gerakan.Selain menggunakan barbel, Anda juga bisa menggunakan tali karet elastis untuk membantu proses latihan otot yang dilakukan.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membentuk otot punggung menggunakan tali karet pertama kali adalah mengambil posisis tubuh tengkurap dan meletakkan tali dibawah dada. Selanjutnya Anda bisa mengangkat dada dari lantai dan merentangkan tangan dan kedua tangan menarik tali dari tubuh ke samping dan mengembalikannya lagi ke dekat dada. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali pada setiap latihan yang Anda lakukan.

Latihan-latihan yang dilakukan secara khusus baik menggunakan bobot tubuh maupun menggunakan bantuan peralatan harus dilakukan dengan urutan gerakan dan posisi yang benar. Jika Anda tidak melakukan gerakan-gerakan tersebut dengan benar, maka latihan tersebut tidak bisa memberi manfaat yang diinginkan. Namun jika Anda ingin membentuk otot punggung dengan cara yang santai, maka Anda bisa melakukannya sambil melakukan pekerjaan rumah tangga.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot punggung Anda adalah dengan berdiri dengan kaki terentang sedikit lebih lebar dari pinggul lalu peganglah gagang sapu di depan Anda, lengan selebar bahu atau sedikit lebih lebar. Berjongkoklah dan dorong sapu lurus ke atas serta pastikan Anda mengencangkan otot punggung atas saat Anda mendorong sapu.

Melakukan latihan-latihan khusus di rumah sendiri bisa membantu Anda membentuk otot punggung Anda sehingga Anda bisa lebih sehat dengan minim budget. Melatih fisik Anda merupakan salah satu cara menyehatkan tubuh Anda. Karena tubuh yang sehat adalah awal hidup yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *