Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat

Cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat. Peredaran darah merupakan bagian penting dari tubuh yang bertugas memberikan oksigen ke sel dan organ vital. Selain itu, peredaran darah yang sehat juga sangat penting untuk melawan infeksi dan memastikan bahwa tubuh berfungsi dengan baik. Lantas, apakah kamu pernah mengalami nyeri di dada, sesak nafas atau sakit kepala? Bisa jadi, peredaran darah kamu sedang tidak lancar, atau bisa dibilang tersumbat. Jika iya, ikuti cara-cara di bawah ini agar peredaran darah kamu bisa kembali normal.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Berjalan-jalan setelah makan dapat membantu meningkatkan sirkulasi serta membantu melancarkan sistem pencernaan. Bukan hanya setelah makan, kamu juga bisa berjalan ringan minimal 30 menit setiap hari. Berolahraga juga sangat baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Misalnya bersepeda, berenang, berlari, dan lain-lain.

Jangan takut untuk melatih kekuatan tubuhmu. Latihan kekuatan angkat beban dapat membantu membentuk otot kamu, yang pada akhirnmya dapat meningkatkan efektifitas sirkulasi kardiovaskular dan kelenjar getah bening. Aktivitas kebugaran semacam ini dapat meningkatkan sirkulasi darah kamu menjadi lebih baik.

Lakukan Pemijatan

Efek dari kegiatan pijat hampir sama seperti olahraga, yakni dapat meningkatkan sirkulasi lokal dengan merangsang aliran darah pada jaringan halus. Pijat juga efektif dalam membantu proses penyembuhan apabila kamu memiliki riwayat penyakit tertentu.

Mengatur Pola Makan

Untuk menunjang kesehatan sirkulasi darah, mulailah dari mengatur serta memilih jenis makanan yang kamu komsumsi. Kamu dapat mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega 3. Perbanyak pula makan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Konsumsi pula makanan yang kaya akan zat besi yang dapat mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Kurangi makan makanan dengan gula dan garam yang berlebih serta makanan cepat saji.

Minum Air Secukupnya

Hampir sama seperti mesin mobil, tubuh manusia juga memerlukan air agar organ tetap mampu bekerja dengan normal. Minum cukup air setiap hari dapat membantu  agar organ-organ di dalam tubuh tidak bekerja terlalu keras. Kamu tidak harus minum berliter-liter air dalam sehari. Namun, minumlah air ketika kamu haus. Minum air hangat lebih baik daripada air dingin karena air dingin dapat berpotensi mempersempit pembuluh darah.

Bagaimana Cara melancarkan peredaran darah?

Kurangi Kafein

Batasi pula konsumsi kafein. Membatasi bukan berarti berhenti, akan tetapi hanya mengurangi konsumsi. Missal, jika biasanya kamu meminum kopi tiga kali dalam sehari, kamu bisa menguranginya menjadi sebanyak dua kali dalam sehari. Atau bisa juga meminum kopi dengan takaran yang lebih kecil, dengan begitu kamu telah mengurangi jumlah asupan kafeinmu.

Hindari Kebiasaan Merokok

Jika kamu merokok, maka mulai sekarang berhentilah. Merokok dapat memperburuk kesehatan, termasuk memperhambat sirkulasi peredaran darah. Rokok mengandung berbagai bahan aktif berbahaya yang salah satunya  nikotin. Jenis zat ini dapat merusak pembuluh darah sehingga sirkulasinya dapat terganggu. Cobalah ganti dengan mengemut permen untuk melatih lepas dari ketergantungan merokok.

Mengelola Stres

Saat kamu mengalami stres, pembuluh darah akan mengalami penyempitan sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola stres agar tidak berlarut-larut. Selain meditasi dan teknik pernapasan, kamu juga bisa melakukan beragam hal yang menjadi aktifitas faforit kamu seperti mendengarkan musik, menulis, minum teh hangat, menggambar dan lain sebagainya.

Itulah cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat. Tidak ada kata terlambat untuk merubah gaya hidup sehat. Dengan menerapkan cara-cara di atas, tentunya berguna untuk melancarkan peredarah darah dan mengurangi resiko berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *