8 Buah Berserat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari  

buah berserat tinggi

Mengonsumsi buah berserat tinggi sangat baik untuk tubuh, terutama sistem pencernaan. Serat berguna untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis dan menurunkan berat badan. Maka dari itu, harus membiasakan diri mengkonsumsinya sejak dini. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Sebenarnya tidaklah sulit untuk menemukan buah dengan kandungan serat tinggi. Anda bisa memperolehnya dengan membeli di pasar atau supermarket. Bisa juga mendapatkannya dari memetik langsung di pohonnya. Lalu apa saja buah berserat tinggi yang wajib dikonsumsi setiap hari? 

Inilah 8 Buah Berserat Tinggi beserta Manfaatnya

1. Buah Alpukat

buah berserat tinggi
Jenis buah berserat yang pertama adalah alpukat

Pertama ada buah alpukat. Alpukat memiliki kandungan 10 gram serat yang bermanfaat jika dikonsumsi. Adapun manfaat buah alpukat yaitu untuk mengatasi sembelit dan juga gangguan pencernaan. Selain itu, biasanya juga dimanfaatkan untuk mengontrol kolesterol dan cocok digunakan untuk diet. 

2. Buah Pisang

Buah pisang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat yang dimiliki oleh pisang mencapai 0,6 gram per 100 gram buah. Tidak hanya kaya serat, buah pisang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Buah pisang sangat baik dikonsumsi karena bisa mengatasi gangguan pada pencernaan.

3. Buah Pepaya

Sama seperti pisang, pepaya memiliki kandungan serta tinggi dan rasanya juga manis. Buah ini memiliki kandungan serat hingga 1,3 gram per 100 gram buahnya. Pepaya sering dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan dan melakukan diet. Jadi sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi buah ini.

4. Buah Strawberry

buah berserat tinggi
Konsumsi buah strawberry yang sangat sehat

Buah yang masuk ke dalam kelompok berry ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Adapun kandungan tersebut yaitu vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Kandungan serat yang dimiliki buah ini mencapai 5,5 gram sehingga baik untuk tubuh, terutama untuk diet.

5. Buah Mangga

Mangga sudah lama dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan serat dan 20 jenis vitamin dan mineral. Kandungan yang ada sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga wajib untuk dikonsumsi. Beberapa manfaat dari buah mangga yaitu baik untuk diet dan meredakan keluhan sembelit dan diare.

6. Buah Apel

buah berserat tinggi
Buah apel dengan kandungan serat yang tinggi

Jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi adalah buah apel. Kandungan serat yang ada di buah ini mencapai 4,4 gram per 100 buah. Hingga saat ini buah apel sangat populer di kalangan masyarakat yang sedang menjalankan program diet.

Sedangkan manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apel juga memiliki tekstur dan rasa yang enak. Dengan semua kelebihan tersebut, tidak heran jika apel sangat populer untuk dikonsumsi. 

7. Buah Jambu Biji

Kandungan serat yang ada dalam buah jambu biji yaitu sebesar 7,3 gram per 100 gram. Selain mengandung serat, buah ini juga mengandung vitamin C. Selain itu juga memiliki zat antikanker dan antioksidan.

Kandungan serat dan oksidan tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi diare dan melancarkan darah. Buah jambu biji juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak heran jika buah ini sangat populer. 

8. Buah Pir

Buah pir juga masuk ke dalam kategori buah dengan kandungan serat cukup tinggi. Kandungan serat yang di dalamnya mencapai 3,1 gram per 100 gram. Tidak hanya serat, buah pir juga memiliki kandungan vitamin dan mineral.

Semua kandungan yang dimiliki bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah untuk mencegah diabetes , menurunkan kadar gula darah dan baik untuk diet. Tekstur dan rasa dari buah pir juga sangat enak dan menyegarkan. 

Itulah 8 buah berserat tinggi yang wajib dikonsumsi setiap hari. Semua buah yang disebutkan diatas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena sangat baik untuk kesehatan. Ada yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, baik untuk diet dan sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *