Super Menyehatkan! Ini Dia Manfaat Buah Alpukat untuk Tubuh

buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Akan tetapi, banyak orang yang takut mengkonsumsinya dengan alasan kandungan lemaknya. Padahal kandungan lemak dalam buah ini merupakan lemak tak jenuh yang malah menyehatkan. Nah, apa saja kandungan manfaat yang ada pada buah alpukat?

Apa Saja Kandungan Nutrisinya?

buah alpukat
Alpukat yang Kaya Manfaat

Selain mengandung lemak, alpukat juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Tak hanya itu saja ada banyak kandungan lainnya seperti kalium, serat, protein, karotenoid, lutein, mineral, anti-inflamasi, kolesterol, natrium, dan juga folat. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu jangan lagi takut mengkonsumsi buah ini setiap hari karena nilai gizinya sangat tinggi.

Apa Saja Manfaat Buah Alpukat? 

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi cukup banyak sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari alpukat:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari buah ini untuk orang dewasa adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Seseorang yang mengkonsumsi buah alpukat akan memiliki kesehatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Biasanya orang yang rajin mengkonsumsi buah ini memiliki pola hidup yang sehat seperti diet rendah gula dan rajin makan sayuran.Ini bisa berpengaruh pada kestabilan berat badan, indeks massa tubuh dan lingkar pinggang. 

2. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil 

Buah yang satu ini juga memiliki kemampuan dalam menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh untuk membantu melawan resistensi insulin. Selain itu, dikatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah alpukat saat makan siang akan merasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan Kolesterol Baik 

buah alpukat
Makan Buah Alpukat

Senyawa sterol tumbuhan yang terbukti bisa menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikan kadar kolesterol baik. Akan tetapi, Anda tidak disarankan mengkonsumsinya dengan cara berlebihan.. 

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Kandungan lemak tak jenuh yang ada pada buah ini bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Dengan pola makan sehat dengan mengutamakan lemak jenuh tak tunggal, sangat efektif untuk mencegah sindrom metabolik, merupakan salah satu faktor risiko yang meningkatkan terjadinya masalh stroke dan juga jantung.

5. Melindungi Mata

buah alpukat
Alpukat untuk Mata

Seseorang yang memiliki risiko terserang katarak bisa sangat berkurang dengan drastis jika mengkonsumsi alpukat. Untuk itu, rutin mengkonsumsi buah ini bisa bermanfaat untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

6. Detoks Tubuh

Dengan mengkonsumsi jus buah alpukat setiap hari, bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Hal ini karena salah satu manfaat buah ini adalah sebagai bahan alami untuk detoks alami. Detoks alami tersebut akan membantu membuang berbagai racun yang ada di dalam tubuh Anda.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Ternyata buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya dengan mencampurkan buah alpukat dengan jojoba oil. Selanjutnya oleskan ke rambut Anda secara merata. Lalu tutup rambut dengan shower cap selama 15-20 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat dengan maksimal. Setelah itu bilas hingga bersih.

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat lainnya dari buah ini adalah menjaga keseimbangan bakteri yang ada di dalam usus. Caranya dengan meningkatkan bakteri sehat dan mengurangi bakteri tak sehat. Lemak yang ada dalam alpukat juga bisa untuk menyehatkan usus, sehingga mengurangi terjadinya sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. 

Itulah 8 manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *