Informasi Seputar Penyakit Bronkitis yang Penting untuk Diketahui

bronkitis

Salah satu penyakit yang menyerang pernapasan adalah bronkitis. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi. Penderitanya akan mengalami batuk lendir yang menebal hingga dada terasa nyeri. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini.

Apa itu Penyakit Bronkitis? 

bronkitis
Penyakit yang Menyerang Saluran Pernapasan

Bronkitis adalah penyakit yang muncul akibat adanya radang pada lapisan saluran bronkus karena infeksi. Bronkus merupakan saluran yang membiarkan udara masuk dan keluar dari paru-paru. Biasanya pengidap penyakit ini sering mengalami batuk lendir yang tebal dan bisa berubah warna.

Macam bronkitis sendiri dibagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis. Jenis yang akut terjadi karena adanya infeksi jangka pendek yang menyebabkan saluran udara dalam paru-paru membengkak dan penuh lendir. Kondisi ini tidak menyebabkan masalah apapun saat infeksi telah hilang.

Sedangkan bronkitis kronis terjadi karena iritasi terjadi secara terus menerus di saluran bronkial karena memiliki kebiasaan merokok. Kondisi ini bisa menyerang selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sehingga kondisi kronis jauh lebih parah jika dibandingkan dengan yang akut.

Apa Penyebab Penyakit Ini?

bronkitis
Kebiasaan Merokok Bisa Menyebabkan Bronkitis

Penyebab penyakit bronkitis akut biasanya terjadi disebabkan oleh infeksi virus. Jenis virusnya sejenis dengan virus pilek dan batuk. Penderita penyakit bronkitis akut biasanya anak-anak.

Sedangkan yang kronis terjadi karena kebiasaan merokok. Selain itu juga disebabkan oleh debu, polusi udara, dan gas beracun yang ada di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja. Kondisi seperti ini biasanya akan memperparah penyakit ini.

Bagaimana Cara Pengobatan yang Dianjurkan?

Penyakit ini bisa diobati di rumah sakit ataupun di rumah dengan menggunakan beberapa obat alami. Meski menggunakan obat alami dan dilakukan sendiri di rumah penyakit ini bisa sembuh. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit bronkitis? Simak uraian berikut ini:

1. Istirahat yang Cukup 

Seseorang yang kurang tidur berisiko terkena flu dibandingkan mereka yang tidur cukup. Istirahat yang cukup merupakan obat dari segala penyakit. Ketika ingin melawan infeksi tubuh membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan sistem. Penyakit akan mudah menyerang tubuh yang kurang fit. 

2. Minum Air Putih yang Banyak

Mengkonsumsi air putih yang banyak bisa menjadi obat alami paling mujarab untuk menyembuhkan penyakit bronkitis akut. Karena membuat tubuh menjadi terhidrasi sehingga membantu menipiskan lendir pada saluran bronkial. Minum air putih juga bisa menggantikan cairan dalam tubuh akibat peradangan.

3. Makan Buah Nanas 

bronkitis
Nanas sebagai Obat Alami

Buah nanas dipercaya sebagai obat bronkitis yang memberikan efek menenangkan selaput lendir meradang di saluran pernapasan. Buah ini memiliki kandungan bromelain yang terbukti efektif untuk mengurangi peradangan. Penderita bisa memakan nanas untuk meringankan gejala bronkitis.

4. Minum Teh Jahe 

Sama halnya dengan nanas, jahe juga memiliki efek menenangkan di tubuh. Terutama menenangkan saluran pernapasan yang mengalami peradangan. Untuk mendapatkan hasil efektif maka disarankan minum 2 cangkir air rebusan jahe hangat setiap hari. 

5. Minum Campuran Madu dan Lemon 

Bukan rahasia lagi apabila madu bisa dijadikan bahan untuk obat alami. Madu memiliki kandungan sifat antibakteri. Apabila dikombinasikan dengan perasan lemon segar maka bisa membasmi zat-zat asing dalam tubuh. Sehingga sangat ampuh untuk dijadikan obat.

Nah itulah penjelasan tentang memahami penyakit bronkitis mulai dari macam-macamnya hingga cara mengobatinya. Diharapkan penjelasan di atas bisa memberikan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pembaca semuanya. Selalu jaga kesehatan dimanapun Anda berada ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *