Biji Apel Beracun, Lalu Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?

biji apel beracun

Apel merupakan salah satu buah yang sangat menyehatkan dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Buah ini dikenal memiliki rasa manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, tahukah Anda jika biji apel beracun? Lebih menakutkannya lagi jika dalam biji apel mengandung sianida.

Banyak orang yang belum tahu mengenai biji apel beracun. Bahkan ada yang tidak sengaja menelan biji apel yang beracun tersebut. Lalu apakah ini berbahaya untuk tubuh ?

Apakah Biji Apel Beracun dan Mengandung Sianida?

biji apel beracun
Ketahui bahwa biji dari buah apel mengandung sianida

Keberadaan sianida dalam biji apel dikarenakan adanya senyawa amygdalin. Senyawa amygdalin bisa mengeluarkan sianida ketika sedang terjadi kontak dengan enzim pencernaan manusia. Akan tetapi, sangat jarang terjadi keracunan akut yang disebabkan seseorang tidak sengaja menelan biji apel. 

Senyawa amygdalin tidak hanya terdapat pada biji apel, tetapi juga ditemukan dalam biji buah persik, biji aprikot, plum dan juga almond. Amygdalin itu sendiri merupakan racun glikosida yang bisa memproduksi hidrogen sianida apabila dikombinasikan dengan enzim gastrointestinal atau pencernaan.

Perlu diketahui jika buah ataupun biji yang mengandung senyawa amygdalin bisa diproses untuk menghilangkan zat beracunnya. Jadi, tidak perlu khawatir secara berlebihan mengenai informasi ini. Tidak sengaja menelan biji apel tidak akan terjadi keracunan. 

Apakah Makan Biji Apel Berbahaya Bagi Tubuh?

biji apel beracun
Selama tidak dikonsumsi berlebihan, konsumsi biji apel tidak berbahaya

Sianida dianggap menjadi zat yang sangat beracun dan mematikan. Terlebih zat ini sering dari dulu digunakan dalam perang kimia atau bunuh diri massal. Lalu bagaimana dengan sianida dalam biji buah apel? 

Perlu diketahui jika zat amygdalin yang terkandung dalam biji apel jumlahnya sangat sedikit. Untuk bisa mengubahnya menjadi sianida maka harus mengunyah biji tersebut. Apabila Anda hanya mengunyah biji buah apel dalam jumlah sedikit, ini tidaklah masalah. 

Hal ini dikarenakan bisa di detoksifikasi oleh enzim yang ada di dalam tubuh. Jumlahnya yang kecil akan membuat tubuh mengubah sianida menjadi tiosianat. Tiosianat ini tidaklah berbahaya dan bisa dikeluarkan oleh urine.

Jumlahnya yang sedikit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan juga sel darah merah. Jika Anda makan biji apel dalam jumlah besar, pastinya akan berbahaya. Hal ini dikarenakan sianida dalam jumlah besar bisa mengikat fungsi sel-sel darah yang membawa oksigen.

Kondisi ini disebabkan sianida bisa masuk dengan cepat ke dalam aliran darah. Sel akan kekurangan oksigen dan akan membuat sel menjadi mati. Keberadaan zat sianida di dalam tubuh akan menyerang jantung, sistem pernapasan dan sistem saraf pusat sehingga menyebabkan kematian. 

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

biji apel beracun
Berbagai manfaat dari konsumsi buah apel

Terlepas dari biji apel beracun ternyata buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika, Anda rutin mengkonsumsinya maka manfaat tersebut akan dirasakan. Lalu apa saja manfaat dari buah ini?

1. Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat pertama yaitu mencegah penyakit stroke. Daging apel yang berwarna putih memiliki kandungan senyawa phytochemical seperti flavonoid dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan. Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari bisa mencegah stroke.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah apel memiliki kandungan mineral dan serat yang cukup tinggi dan membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang. Tentu sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet. Mengkonsumsi apel bisa membantu menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Antioksidan dalam apel bernama kuersetin berguna untuk mengurangi sel mati penyebab menurunnya kinerja otak. Mengkonsumsi buah apel dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin esensial pada otak. Berguna untuk meningkatkan daya ingat.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Setiap hari rutin mengkonsumsi apel sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan di dalam apel terdapat serat yang berguna menurunkan kadar kolesterol darah. Selain itu juga baik untuk kardiovaskular.

5. Melawan Kanker

Di dalam apel juga ditemukan banyak senyawa yang berguna sebagai antikanker atau bisa mencegah terjadinya kanker. Tentunya hal ini sangat baik untuk pencegahan kanker. Bagi Anda yang tidak ingin mengidap penyakit ini direkomendasikan untuk mengonsumsi buah apel. 

Nah itulah jawaban dari pertanyaan biji apel beracun dan mengandung sianida, apakah berbahaya bagi tubuh? Dalam penjelasan diatas sudah dijelaskan mengenai hal tersebut semoga bisa membantu dan memberikan manfaat. Yuk, konsumsi apel mulai sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *