Penyebab Kondisi Sering Bersin Pada Bayi Baru Lahir

bersin pada bayi

Apabila Anda memperhatikan dengan jeli, bayi baru lahir biasanya sering bersin. Tidak jarang banyak orang tua yang mencemaskan kondisi tersebut. Namun,  tidak perlu khawatir karena setiap bayi lahir memang akan sering bersin. Kondisi bersin pada bayi sangat normal terjadi.

Penyebab Bersin Pada Bayi Baru Lahir 

Penyebab bersin bayi baru lahir sebenarnya merupakan cara alami tubuh bayi untuk membersihkan hidung dan juga saluran pernapasannya. Bersin pada bisa muncul secara refleks sama seperti orang dewasa. Lalu apa saja penyebab bersin pada bayi baru lahir? 

1. Gerakan Refleks untuk Melindungi Diri

bersin pada bayi
Perlindungan Diri Pada Bayi dengan Bersin

Penyebab seringnya bersin yang pertama adalah untuk menangkal benda asing masuk ke hidung. Bersin merupakan gerakan refleks yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Benda asing tersebut biasanya debu, lendir atau ASI. Bersin ini merupakan proses refleks alami perlindungan diri dari bayi. 

2. Membuka Lubang Hidung Setelah Menyusu 

Ketika bayi menyusu langsung dari payudara, lubang hidung akan tertutup sementara karena tertekan oleh tubuh ibu. Maka dari itu, bersin merupakan cara alami dari bayi untuk membuka kembali lubang hidung. Umumnya, bersin pada bayi baru lahir sering terjadi karena refleks alami. 

3. Proses Membiasakan Diri untuk Bernapas Melalui Hidung 

bersin pada bayi
Bentuk Adaptasi Diri Pada Bayi

Bayi baru lahir cenderung membutuhkan waktu untuk beradaptasi supaya bernapas melalui hidung. Pasalnya, bayi biasanya sering bernapas melalui mulut. Untuk membiasakan diri, bayi akan menjadi lebih sering bersin. Proses ini merupakan salah satu cara supaya saluran pernapasan terbuka.

4. Udara yang Terlalu Kering 

Bayi baru lahir memiliki saluran hidung yang sangat kecil. Karena hal ini membuat lendir di hidung mudah mengering dan membuat bayi sering bersin. Maka dari itu, ibu tak perlu khawatir jika bayi sering bersin. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan melembabkan udara di sekitar kamar bayi.

5. Demam atau Penyakit 

Bayi baru lahir sering bersin karena demam atau penyakit seperti pilek. Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah akan membuatnya mudah terserang flu. Untuk mencegahnya sebaiknya lebih selektif dalam mengizinkan orang lain untuk menggendong dan menyentuhnya. 

Gejala Bersin Yang Menjurus ke Penyakit 

bersin pada bayi
Gejala Bersin yang Mengarah ke Penyakit

Meskipun bersin pada bayi baru lahir merupakan kondisi normal, tetapi ada juga bersin yang menandakan terjadi penyakit tertentu. Bersin yang muncul bisa jadi merupakan gejala jika bayi sedang mengalami infeksi saluran pernapasan. Ada beberapa gejala bersin yang terjadi karena suatu penyakit.

Beberapa gejala tersebut adalah bayi sering batuk, sulit bernapas, tidak mau menyusu, terlihat lelah, lemas, dan demam tinggi di atas 38 derajat celcius. Dalam beberapa kasus, bisa menjadi tanda Neonatal Abstinence Syndrome. Kondisi ini akibat ibu melakukan penyalahgunaan zat tertentu dan kecanduan. 

Bayi baru lahir sering bersin merupakan kondisi yang wajar. Maka dari itu, ibu diharap tidak perlu khawatir jika bayi sedang dalam kondisi seperti ini. Namun jika bersin ditandai dengan gejala lainnya, alangkah lebih baik untuk segera dibawa ke dokter supaya mendapatkan pemeriksaan.

Nah, itulah berbagai penyebab bersin pada bayi baru lahir. Diharapkan bagi orang tua bayi untuk tidak perlu khawatir dan takut karena ini merupakan kondisi yang normal terjadi.  Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *