Mencari Tahu Berapa Lama Sperma Bertahan Hidup dan Fakta Unik Lainnya 

berapa lama sperma bertahan

Sudah bukan rahasia lagi jika sperma memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembuahan sel telur. Seperti yang diketahui jika pembuahan sel sperma dan sel telur terjadi di dalam saluran telur. Lalu berapa lama sperma bertahan hidup? 

Sel sperma diproduksi melalui proses yang disebut spermatogenesis di dalam buah zakar. Selama proses tersebut, sel spermatogenik akan membelah diri hingga menghasilkan spermatid. Spermatid merupakan sel sperma yang belum matang, nantinya akan dipindahkan ke dalam epididimis supaya matang. 

Berapa Lama Sperma Bertahan Hidup dan Fakta Unik Lainnya

1. Lama Hidup Sperma di Luar Tubuh Pria Pasca Ejakulasi

berapa lama sperma bertahan
Setelah dikeluarkan, sperma tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama

Ketika  pria ejakulasi, maka sperma tersebut akan bercampur dengan berbagai nutrisi dan cairan. Nutrisi dan cairan tersebut dihasilkan oleh kelenjar prostat dan vesikula seminalis, kemudian dikeluarkan melalui penis. Cairan mani yang dikeluarkan oleh pria mengandung sekitar 100-400 juta sperma.

Sperma yang keluar saat ejakulasi seperti masturbasi, maka sperma tersebut akan bertahan hidup selama beberapa menit saja. Setelah cairan air mani mengering, sel sperma yang ada di dalamnya juga ikut mati. Biasanya sperma juga tidak bisa bertahan hidup lebih dari 20-60 menit saat berada di luar tubuh.

2. Lama Sperma Hidup di Dalam Rahim Wanita

Sperma berguna untuk membuahi sel telur matang sehingga terjadi suatu pembuahan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui lama sperma hidup di dalam rahim wanita. Perlu diketahui jika sel sperma tidak bisa bertahan hidup di dalam liang vagina wanita selama lebih 6 jam. 

Hal ini dikarenakan keasaman cairan vagina tersebut. Sel sperma akan bertahan hidup lebih lama jika berhasil masuk ke dalam tubuh seorang wanita melalui lubang serviks. Lama sperma hidup di dalam tubuh wanita tergantung banyak hal. 

Apabila sperma yang masuk ke dalam tubuh wanita dalam keadaan sehat, maka bisa bertahan hidup selama 6-7 hari di dalam saluran wanita. Jika tidak sehat, maka bisa kurang dari itu. Namun, rata-rata sel sperma hanya bisa bertahan hidup selama 3-4 hari saja di dalam saluran telur.

3. Kondisi Sel Sperma di Udara

berapa lama sperma bertahan
Sperma saat berada di luar udara

Beberapa menit setelah sel sperma di udara, cairan semen akan dengan cepat terserap oleh media yang ada di sekelilingnya. Otomatis, sperma tidak akan bisa bertahan hidup lebih lama karena kehabisan cairan semen. Adapun media yang sangat cepat menyerap cairan semen adalah tisu, handuk dan kain.

4. Kondisi Sel Sperma di dalam Air

Sebaliknya, jika sel sperma berada di dalam air maka sel sperma akan cenderung menyerap air yang ada di sekelilingnya. Kondisi ini akan menyebabkan pecahnya sel sperma karena komposisi cairan yang ada di dalam dan di luar sel tidak seimbang. Otomatis sperma akan mati saat itu juga.

5. Sel Sperma Sangat Sensitif Jika Bereaksi dengan Cairan Kimia

berapa lama sperma bertahan
Cairan kimia yang ada disekililing sperma juga sangat berpengaruh

Sel sperma sangatlah sensitif jika bereaksi dengan cairan kimia, seperti deterjen dan sabun. Hal ini dikarenakan cairan kimia tersebut memiliki tingkat keasaman (pH) cukup tinggi atau basa sehingga membuatnya cepat mati. Sperma akan sulit bertahan hidup jika berada d suhu yang terlalu panas atau dingin.

Nah itulah penjelasan mengenai berapa lama sperma bertahan hidup dan fakta unik lainnya. Diharapkan penjelasan diatas mudah dipahami dan menambah pengetahuan mengenai sperma. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu para pembaca ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *