Penyebab Bau Mulut yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

bau mulut

Bau mulut yang dirasakan seseorang tentu akan membuatnya menjadi tidak nyaman. Tidak hanya itu saja, bau mulut juga akan menyebabkan kehilangan percaya diri. Kondisi mulut yang bau tentunya juga akan mengganggu orang lain. Namun, ini bukan sesuatu yang berbahaya dan bisa diatasi.

Kondisi mulut yang berbau tidak sedap disebabkan oleh beberapa hal. Namun paling banyak disebabkan oleh masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti masalah gusi dan gigi berlubang. Maka dari itu, menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting untuk dilakukan . 

Penyebab Mulut Memiliki Aroma yang Buruk 

bau mulut
Hal yang Menyebabkan Mulut Menjadi Bau

Penyebab bau mulut berasal dari makanan yang dikonsumsi, seperti pete, jengkol atau durian. Setelah makan maka aroma nafas menjadi tidak sedap. Jika disebabkan oleh makanan maka bisa diatasi dengan menyikat gigi. Namun bau yang tidak kunjung hilang berarti disebabkan hal lain. 

1. Mulut Kering 

Sudah rajin menggosok gigi tetapi bau tidak hilang, mungkin Anda mengalami mulut kering. Jumlah liur yang sedikit ternyata bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Air liur memiliki peran untuk menjaga kesehatan gigi, mulut dan napas, melumatkan makanan dan membilas sisa makanan dan bakteri.

2. Sinusitis  

Seseorang yang menderita penyakit sinusitis juga akan mengalami bau tak sedap pada mulut. Pada penderita sinusitis, aroma yang tidak sedap terjadi akibat lendir mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan. Bau yang ditimbulkan biasanya sangat tidak enak dan menyengat. 

3. Asam Lambung Naik  

Munculnya aroma tidak sedap pada mulut juga disebabkan oleh gangguan pencernaan. Salah satu penyebabnya adalah refluks asam lambung (GERD). GERD itu sendiri merupakan suatu kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

4. Kebiasaan Merokok 

Meski sudah rajin menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur tetapi tetap saja merokok maka bau mulut tetap muncul. Kebiasaan merokok ini selalu menyebabkan aroma nafas menjadi tidak sedap. Merokok merupakan penyebab kondisi bau yang paling umum terjadi.

5 Cara Mengatasi Bau Mulut 

1. Rutin Menggosok Gigi

Menggosok gigi setidaknya dua kali sehari bisa mengatasi bau mulut. Menggosok gigi dilakukan terutama setelah selesai makan. Rutin menggosok gigi bisa membantu mengangkat sisa makanan dan bakteri dari gigi.

2. Berkumur dengan Obat Kumur 

bau mulut
Menggunakan Obat Kumur

Mengatasi nafas tidak sedap juga bisa dilakukan dengan obat kumur. Dengan berkumur maka sisa makanan dan bakteri akan terangkat. Pilih obat kumur dari bahan alami yang mengandung daun sirih, daun saga dan akar manis. Kandungan tersebut dipercaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Membersihkan Lidah Secara Rutin 

Lidah merupakan salah satu tempat bakteri penyebab bau berkembang biak. Untuk itu sangat perlu membersihkannya secara rutin. Membersihkan lidah bisa menggunakan alat pembersih lidah khusus. Supaya bisa mengangkat kotoran dan bakteri yang menempel di permukaan lidah.

4. Menggunakan Benang Gigi

bau mulut
Membersihkan Gigi dengan Benang

Menggosok gigi saja sebenarnya tidak cukup, hal ini karena sisa makanan bisa saja masih menempel di sela-sela gigi. Untuk mengatasinya maka bisa membersihkan sela gigi menggunakan benang gigi. Kapan waktu melakukannya? Setiap selesai menggosok gigi atau satu kali dalam sehari.

5. Memperbanyak Minum Air Putih 

Mengatasi kondisi mulut yang berbau tidak sedap juga bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Banyak minum air putih bisa menjaga kondisi mulut supaya tidak kering. Selain itu ternyata minum air putih bisa membantu membilas sisa makanan yang menempel di rongga mulut dan sel-sela gigi.

Itulah penyebab bau mulut yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Diharapkan penjelasan di atas bisa membuat masyarakat menjadi sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semua. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *