Waspada Penyebab dan Gejala BAB Berdarah Berikut Ini

bab berdarah

BAB atau Buang Air Besar merupakan bagian dari sistem pembuangan pada manusia. Namun ketika terjadi BAB berdarah, itulah yang harus diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan pertanda ada gangguan pada kesehatan kita. Meskipun memang ada juga yang tidak serius. 

BAB yang berdarah memang tidak selalu menunjukkan adanya gejala penyakit serius. Namun, sebaiknya lakukan penanganan sedini mungkin. Kemungkinan adanya gangguan pada sistem pencernaan Anda atau memang terdapat penyakit yang tidak bisa disepelekan.

Penyebab BAB Berdarah

1. Wasir

bab berdarah
Kondisi bab yang berdarah bisa disebabkan oleh wasir

Penyebab BAB berdarah yang pertama adalah adanya wasir pada bagian anus. Wasir atau ambeien memang bukan suatu penyakit serius dan bisa dialami oleh siapa saja. Pada penderita wasir ada satu gejala yaitu sembelit yang menyebabkan sulit buang air besar.

Kesulitan buang air besar tersebut akan memicu terjadinya gesekan pada pembuluh darah yang membengkak akibat wasir. Kondisi itulah yang menyebabkan terjadinya buang air besar atau BAB yang disertai dengan darah. Tentu hal ini harus diwaspadai.

2. Divertikulitis

Apakah diverticulitis itu? Yaitu sebuah kondisi dimana peradangan yang terjadi pada bagian divertikula. Semacam kantong abnormal yang terbentuk pada saluran pencernaan. Penyebab lainnya yaitu terjadinya infeksi pada divertikula tersebut. 

Ada beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita diverticulitis. Gejala divertikulitis diantaranya yaitu demam, sakit perut, mual dan muntah. Waspadai jika Anda merasakan gejala dan kondisi seperti yang disebutkan di atas.

3. Radang Usus

bab berdarah
Terjadinya radang usus juga bisa menjadi pemicu lainnya

Penyebab yang terakhir adalah kondisi yang lebih serius, yaitu radang usus. Penyakit radang usus jika tidak segera ditangani dengan baik bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius yaitu kanker. Cukup banyak penderita kanker usus yang pada akhirnya harus kehilangan nyawa. 

BAB berdarah menjadi salah satu tanda dan gejala adanya peradangan pada usus Anda. Selain itu peradangan pada usus bisa menyebabkan 2 penyakit lainnya yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mulai ada gejala BAB disertai dengan darah.

4. Annal Fissure

Jika kulit pada anus Anda mengalami robek juga bisa mengakibatkan keluarnya darah saat buang air besar. Gangguan dan kondisi tersebut dinamakan Annal Fissure. Darah yang terdapat pada kotoran yang dikarenakan gangguan ini biasanya berwarna merah terang.

Anda mungkin akan sangat merasa kesakitan ketika mengalami kondisi ini. Mengapa demikian? Rasa sakit yang Anda rasakan tersebut berasal dari kulit yang robek. Perlu diketahui bahwa kulit pada bagian anus sangat sensitif, sehingga akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa karena kulit yang robek.

5. Kolitis

bab berdarah
Infeksi yang terjadi pada usus besar

BAB disertai darah bisa juga terjadi akibat kolitis. Penyakit ini adalah infeksi yang terjadi pada bagian lapisan di usus besar hingga ke rektum. Biasanya BAB yang ada darahnya disebabkan oleh kuman, bakteri ataupun virus. Kolitis juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem imunitas tubuh.

6. Tukak Lambung

Sama seperti wasir, gangguan kesehatan yang cukup banyak dialami orang dan sebenarnya tidak terlalu berbahaya adalah tukak lambung. Namun tukak lambung akan semakin parah pada orang yang menggunakan obat-obatan anti radang dalam waktu yang lama. Contohnya seperti, ibuprofen dan aspirin.

Adanya tukak lambung yang umumnya disebabkan bakteri H.pylori memang bisa menyebabkan BAB berdarah.  Tukak lambung sebenarnya adalah luka yang terjadi pada lapisan lambung (duodenum).  Kondisi ini bisa mengakibatkan penyakit serius apabila tidak segera ditangani. 

Meskipun tidak selalu menandakan adanya gangguan kesehatan yang serius namun sebaiknya begitu mengalami BAB berdarah harus diwaspada. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui gangguan apa yang Anda alami. Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan konsumsi makanan bergizi! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *