Pahami Gejala Asam Lambung dan Cara Mengobatinya

asam lambung

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Biasanya asam yang ada di lambung akan menjadi naik disebabkan oleh tekanan pada perut saat kehamilan, obesitas dan juga penyakit hernia. Seseorang akan berisiko lebih tinggi terserang penyakit ini ketika terlalu sering mengkonsumsi alkohol, merokok, memiliki penyakit diabetes dan asma. Penyakit ini bisa dialami orang dewasa maupun anak-anak.

Gejala Asam Lambung 

asam lambung
Sakit Perut karena GERD

Pada saat terjadi asam lambung naik, biasanya kerongkongan dan mulut akan mengalami iritasi. Gejala yang biasanya akan muncul adalah adanya rasa asam di bagian belakang mulut dan sensasi terbakar di bagian dada. Kedua gejala tersebut bisa bertambah parah ketika penderita berbaring ataupun membungkuk terutama setelah makan.

Gejala lainnya yang muncul adalah sering bersendawa, suaranya menjadi serak, merasakan ada yang mengganjal di kerongkongan saat menelan, sakit di bagian tenggorokan yang tidak kunjung hilang, mual atau muntah, bau mulut, merasakan sakit saat menelan dan batuk kronis tanpa dahak.

Cara Mengobati Gejala GERD

asam lambung
Konsumsi Obat

Di dalam tubuh manusia asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan. Apabila kadar keasaman yang ada pada lambung naik bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Jika sudah terlanjur terjadi maka harus segera mengobatinya, mulai dari mengubah gaya hidup hingga mengkonsumsi obat alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengobatinya :

1. Menghindari Makanan Pemicu dan Mengatur Porsi Makanan

Asam lambung muncul karena disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak. Makanan berlemak dicerna oleh tubuh dalam waktu lebih lama sehingga lambung akan memproduksi kadar keasaman yang lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan.

Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi coklat, kopi, alkohol dan makanan pedas. Selain itu, makanlah dengan porsi kecil namun sering dan kunyah makanan secara perlahan-lahan.

2. Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat 

Kebiasaan merokok dan berbaring setelah makan merupakan salah satu penyebab asam lambung naik ke kerongkongan. Untuk itu sangat penting untuk menghindari kebiasaan tersebut. Beri waktu minimal 3 jam untuk berbaring setelah makan.

3. Tidak Memakai Pakaian yang Ketat di Bagian Perut 

Sangat disarankan untuk menghindari menggunakan pakaian ketat di bagian perut. Alasannya karena bisa menyebabkan isi lambung menjadi naik ke kerongkongan dan muntah. Untuk mencegahnya sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar.

4. Mengkonsumsi Mentimun 

Selama ini mentimun dipercaya bisa mengurangi rasa sakit akibat asam lambung, bahkan juga bisa menyembuhkannya apabila dikonsumsi secara teratur. Mentimun tersebut bisa dikonsumsi sebagai sayuran, lalapan maupun jus.

5. Menggunakan Jahe 

Sifat anti radang yang ada di dalam jahe secara alami bisa mengatasi nyeri di ulu hati dan juga masalah pencernaan lainnya. Sebagai obat alami, jahe bisa dikonsumsi dengan cara mengolahnya sebagai minuman hangat. 

6. Menggunakan Akar Manis atau Licorice 

Akar manis dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati atau heartburn. Tanaman ini mengandung bahan kimia yang berguna untuk mengurangi pembengkakan dan juga menyembuhkan peradangan atau luka di dalam tubuh.

7. Mengkonsumsi Kacang Hijau 

Jenis kacang-kacangan ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, ternyata kacang hijau juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Caranya dengan membuat bubur kacang hijau lalu dikonsumsi sampai kadar keasaman menurun.

Itulah gejala asam lambung dan cara mengobatinya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi buat pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *