Apakah Varises Berbahaya? Cari Tahu Informasinya Disini Yuk!

apakah varises berbahaya

Apakah Varises Berbahaya? Pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh banyak orang. Meski sering dianggap sebagai penyakit biasa ternyata varises cukup berbahaya. Hal ini tentunya membuat penderitanya untuk tidak boleh meremehkan penyakit ini. 

Varises merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena akibat darah mengumpul di area tersebut. Munculnya varises ditandai dengan kemunculan tonjolan yang berwarna biru tua dan ungu. Biasanya penyakit ini muncul di area betis dan tungkai.

Apakah Varises Berbahaya?

apakah varises berbahaya
Memahami bahwa varises tidak bisa disepelekan begitu saja

Perlu diketahui jika siapa saja bisa mengalami varises. Namun, wanita memiliki risiko lebih besar untuk mengalami varises. Meski penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, akan tetapi masih ada banyak orang yang menganggap penyakit ini tidak berbahaya. Padahal itu semua tidaklah benar.

Meski sering disepelekan ternyata bisa membahayakan tubuh penderitanya. Hal paling buruk yang akan terjadi yaitu bisa mengakibatkan kematian. Fakta ini telah dibenarkan oleh dokter spesialis bedah toraks yang bernama dr Niko Azhari Sp.BTKV. 

Dokter menjelaskan bahwa penderita varises belum menyadari bahaya penyakit ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya penderita pasien baru akan memeriksakan diri atau berobat jika kondisinya parah. Padahal penderita sudah merasakan nyeri yang luar biasa, kaki membengkak dan juga susah bergerak. 

Varises parah dan dibiarkan dalam waktu lama bisa berakibat fatal dan berujung kematian. Kematian yang terjadi disebabkan pembekuan hingga peredaran darah atas. Misalnya ketika terjadi pelebaran vena pada betis dan terus dibiarkan maka akan terus melebar sehingga menutup aliran darah.

Akibat dari kondisi tersebut akan terjadi pembekuan yang menempel di dinding-dinding pembuluh. Apabila terdapat pembekuan di satu titik maka lama-lama pembekuan akan mengumpul dan menyebabkan terjadinya bengkak pada kaki dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. 

Cara Mengobati Varises Secara Medis

1. Operasi Laser

Operasi laser ini bisa dilakukan jika varises yang diderita masih dalam bentuk yang kecil. Cara menghilangkannya tidak membutuhkan pemotongan vena. Saat proses operasi tidak melibatkan suntikan bahan kimia tetapi membutuhkan cahaya dengan kekuatan tertentu.

2. Terapi Ablasi Vena

apakah varises berbahaya
Tindakan ablasi vena untuk mengobati varises

Cara ini hampir mirip dengan operasi laser. Terapi ablasi vena membutuhkan sinar laser atau gelombang radio untuk menghasilkan panas. Panas tersebut yang kemudian digunakan untuk menghilangkan varises. Pasien yang melakukan terapi ini terlebih dahulu akan diberikan bius  lokal.

3. Micro Skleroterapi

Varises kecil  bisa diobati dengan teknik mikroskleroterapi. Teknik ini akan menggunakan jarum yang sangat tipis dan disuntikkan ke vena. Tujuannya untuk memasukkan cairan kimia dalam dosis yang kecil. Cairan kimia yang digunakan akan membuat jaringan dalam pembuluh darah menutup varises.

4. Mengelupaskan Vena

apakah varises berbahaya
Tindakan mengelupas vena untuk pengobatan varises

Varises yang parah bisa diobati dengan menggunakan metode ini. Pengobatan ini dilakukan melalui luka kecil yang sengaja dibuat di kulit. Saat menjalankan proses ini pasien akan dibius total. Proses penyembuhan dari cara ini membutuhkan waktu sekitar satu hingga empat minggu.

5. Bedah Endoskopi Vena

Varises yang sudah sangat parah dan luka bisa diatasi dengan cara ini. operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di area dekat vena yang terkena varises. Lalu dimasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya. Perangkat bedah untuk menutup varises dan lupa berada di ujung tabung yang lain.

Nah itulah informasi mengenai apakah varises berbahaya. Diharapkan penjelasan diatas bisa menyadarkan pembaca supaya tidak lagi menyepelekan varises karena bisa menyebabkan kematian. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *