Angka Kecukupan Gizi Bagi Kesehatan

makanan sehat dapat penuhi angka kecukupan gizi

Angka Kecukupan Gizi adalah hal yang cukup mendasar bagi perkembangan anak. Untuk itu diperlukan keseriusan bagi orangtua  untuk bisa memperhatikan pentingnya asupan nutrisi yang baik dan tepat bagi tubuh sendiri dan juga keluarga lainnya. Kebutuhan nutrisi anak yang terpenuhi dapat membantu menjaga kesehatan fisik saja, tapi juga bisa mendukung kemampuan kinerja otak agar bisa berpikir dengan cerdas. Untuk itu, perlu asupan nutrisi sejak dalam masa dalam kehamilan. Semuanya bertujuan untuk bisa menghasilkan anak yang memiliki pikiran yang cerdas tanpa pekarangan apapun.

Status gizi yang baik bisa dicapai ketika seseorang mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Nah, namun sayang sekali karena masih banyak orang yang belum mengenal betapa pentingnya asupan gizi bagi tubuh.

Bisa dikatakan memang asupan gizi ini akan membuat tubuh bisa mencerna dengan baik tanpa ada kekurangan sedikitpun. Perlu Anda ketahui bahwa asupan gizi ini berguna untuk mempermudah kelangsungan proses di dalam tubuh.

Kurangnya Asupan Gizi Sebabkan Tubuh Menjadi Rentan Penyakit

Efek negatif yang dihasilkan oleh kurangnya asupan gizi akan memberikan wadah banyak penyakit bagi tubuh nantinya. Untuk bisa melakukan asupan gizi yang benar, Anda perlu konsisten untuk bisa melakukan kebiasaan seperti ini dengan baik.

Untuk meningkatkan asupan gizi biasanya berhubungan dengan pola makan. Pada dasarnya, makanan yang memiliki banyak kandungan gizi bisa membuat tubuh mempunyai banyak faktor pendukung untuk selalu fit. Karena itu, keseimbangan pola makan berpengaruh dalam hal kebiasaan hidup sehat. 

Makanan yang sehat dan seimbang ini merupakan makanan yang aman dari adanya bakteri dan virus serta cemaran lainnya. Makanan sehat juga tidak mengandung zat-zat berbahaya dan juga bahan tambahan secara berlebih.

Manfaat Keseimbangan Dalam Tubuh

1.   Menjadi penyempurna tubuh menjadi sehat

2.   Sebagai Alat dukung untuk bisa menjadikan tubuh bisa terlindungi

3.   Memiliki peran penting untuk menghancurkan zat-zat negatif dalam tubuh.

4.   Menjaga kestabilan kekebalan tubuh

5.   Meningkatkan optimalisasi tubuh yang normal

Beberapa hal di atas merupakan manfaat yang didapat dari menjaga keseimbangan gizi. Dan bagaimanakah cara untuk bisa menseimbangkan gizi agar tetap terjaga dan teratur di dalam tubuh? Nah, berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghitung kecukupan gizi agar selalu seimbang.

Kebutuhan gizi bersifat sangat penting tentunya untuk satu individu. Kebutuhan gizi sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu, gizi makro dan mikro.

Berbicara tentang gizi makro merupakan suatu gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar untuk tubuh. Di dalam kebutuhan gizi ini terdapat karbohidrat, protein, dan juga lemak.  Nah, cara menghitungnya adalah dengan membaginya ke dalam 3 jenis zat makro, seperti :

1.   Kebutuhan Protein

Sebanyak 10-15% dari kebutuhan kalori total.

2.   Kebutuhan Lemak

Sebanyak 10-25% dari kebutuhan kalori total.

3.   Kebutuhan Karbohidrat

Sebanyak 60-75% dari kebutuhan kalori total.

Nah, penjelasan di atas merupakan suatu bilahan rumus untuk bisa mengatur pola gizi agar tetap terjaga dengan baik dan benar.

Selanjutnya adalah kebutuhan mikro, kebutuhan mikro ini merupakan zat yang dibutuhkan dalam tubuh dengan jumlah kecil. Di dalam kebutuhan mikro sendiri terdapat beberapa zat di antaranya kalsium, natrium, zat besi, kalium yodium, vitamin, magnesium, dan fosfor. 

Karena kebutuhan yang akan zat diatas hanya sedikit. Untuk itu, kebutuhan mikro ini tidak bisa diperkirakan atau tidak bisa dihitung dengan rumus tertentu. Tetapi, bisa dengan cara melihat kecukupan yang diperlukan saja. Kebutuhan gizi berbeda setiap orang tetapi jangan juga tertukar dengan kecukupan gizi. AKG sendiri digunakan sebagai patokan rata-rata zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Bukan hanya menggambarkan bera kebutuhan gizi satu individu tertentu saja.

Nah, sebagai contoh dalam AKG dianjurkan dengan jumlah protein pria berusia 19-29 tahun adalah sebanyak 63gram. Artinya, rata-rata jumlah protein yang cukup ukurannya bagi kebanyakan pria usia 19-29 tahun di Indonesia adalah 63gram.

AKG sendiri sering digunakan untuk sebuah patokan dalam perumusan acuan label gizi. Pada dasarnya, Anda akan menemukan label seperti ini di sebuah makanan dalam tabel informasi gizi.

Faktor Yang Mendukung Angka Kecukupan Gizi Dalam Tubuh

sayur dan buah dapat penuhi angka kecukupan gizi

1.   Karbohidrat

Merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk bisa menaikkan berat badan dan juga mengubah gula sederhana dan pati kompleks.

2.   Protein

Adalah memiliki peran untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.

3.   Lemak

Merupakan sumber energi kaya yang membantu penyerapan vitamin A,D,E dan K serta pembentukan hormon di dalam tubuh.

4.   Vitamin

Vitamin ini berperan penting bagi tubuh untuk metabolisme tubuh dan merawat sel tubuh.

5.   Mineral

Mineral ini berperan penting untuk pertumbuhan dan proses metabolisme di dalam tubuh.

6.   Serat dan Tumbuhan

Berguna untuk membantu penyerapan nutrisi di usus.

7.   Air

65% tubuh kita terbentuk dari air. Dengan mengetahui macam-macam gizi yang diperlukan dan juga menghitung berapa jumlah kebutuhan gizi akan menjadikan suatu rumus untuk mempermudah mengetahui angka kecukupan gizi.

Setelah mengetahui berapa angka kecukupan gizi yang dibutuhkan. Sebaiknya kamu mengisi nutrisi sesuai dengan kadar kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh. Dengan upaya memenuhi angka kecukupan gizi, maka otomatis tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah dihinggapi oleh penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *