Inilah Alasan Berat Badan Bayi Tidak Naik Setelah Mpasi

Berat badan bayi tidak naik setelah mpasi! MPASI atau Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang sudah bisa diberikan pada si kecil. Namun ASI dari moms harus tetap diberikan pada si kecil. Tujuannya untuk apa sih moms, kok si kecil diberikan MPASI? Tujuannya agar kemampuan mengunyah, mencium bahkan menelan dan adaptasi pada makanan yang akan si kecil rasakan jika sudah tidak mengonsumsi ASI.

Sejak umur berapa MPASI diberikan pada si kecil? Umur 6 bulan adalah umur yang cocok dan pas untuk pengenalan MPASI pada bayi. Tapi ingat ya moms untuk memberikan satu macam MPASI pada bayi, seperti contoh jika moms memberikan bubur nasi putih, maka moms jangan sampai mengubahnya. Itu akan menjadi salah satu alasan berat badannya terganggu setelah MPASI. Sebenarnya apa sih yang membuat berat badan bayi tidak naik setelah MPASI? Moms pasti penasaran. Yaudah yuk, penulis kasih tau apa aja alasannya.

Alasan yang pertama adalah karena si kecil hanya mendapat mikronutrien. Apa sih mikronutrien itu dan apa hubungannya dengan berat badan bayi?Mikronutrien adalah jenis makanan yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit dalam tubuh tapi memiliki peran penting untuk kinerja tubuh. Seperti contohnya pengolahan sayur dan buah untuk si kecil dengan alasan karena mereka memiliki gizi tinggi. Nah, pemahaman moms tentang ini kurang tepat.

Konsumsi makanan mikronutrien memang penting, tapi si kecil lebih membutuhkan makanan yang bersifat makronutrien, yaitu makanan yang berjumlah banyak dengan fungsi sebagai sumber energi pada tubuh si kecil, terutama si kecil yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan tidak menjadi alasan kenapa badannya tidak naik.

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Bayi?

Dengan mengkonsumsi makanan makronutrien, maka si kecil diperkirakan bisa tumbuh dengan baik, serta berat badannya bisa naik sesuai dengan usia yang terus berjalan.

Berikutnya adalah asupan kalori sumber energi yang di dapat si kecil. Asupan kalori yang di dapat si kecil untuk sumber energi nya hanya bisa di peroleh dengan cara mengonsumsi karbohidrat, protein maupun lemak. Jangan biasakan si kecil dengan hanya mengonsumsi sayur dan buah saja ya moms, karena itu bisa menjadi salah satu alasan berat badannya tidak naik.

Berikan si kecil makanan yang mengandung karbohidrat seperti labu, ubi, kentang atau tepung beras. Oh iya, dan jangan lupakan dengan protein hewani yang juga penting untuk konsumsi si kecil, seperti daging. Tenang moms, moms tetap bisa memberikan buah dan sayuran ke si kecil tapi tetap dicampur dengan karbohidratnya.

Nah alasan terakhir yang menyebabkan badan si bayi tidak naik setelah mpasi adalah si kecil sedang mengalami gangguan kesehatan, terutama pada bagian pencernaannya atau diare. Hal ini jika dialami oleh si kecil bisa dipastikan membuat nafsu makan si kecil berkurang atau bahkan tidak teratur.

Nah itu dia beberapa alasan berat badan bayi tidak naik setelah MPASI. Pesan saya cuman satu untuk moms, moms harus terus penuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan rutin melakukan penimbangan berat badan setiap bulan. Jangan lupa perhatikan perhatikan grafik pertumbuhannya ya moms. Jika masih di dalam batas normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Salam untuk si kecil ya moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *