7 Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat yang Mudah Banget Dilakukan

7 Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat yang Mudah Banget Dilakukan! Apabila Anda mengalami sakit asam lambung, jangan langsung meminum obat-obatan. Sebelum mencari cara mengatasi asam lambung tanpa obat, yang perlu Anda tinjau sampai penyakit ini menjangkiti Anda adalah gaya hidup Anda. Jika ada yang salah dengan gaya hidup Anda, sudah saatnya Anda mengubahnya menjadi lebih sehat. Bisa dimulai dari mengubah kebiasaan diet atau rutinitas tidur agar tubuh mendapat performa terbaiknya. Sehingga, metabolisme tubuh tidak mudah terganggu dan penyakit pun menjauhi tubuh.

Beberapa asam lambung memang normal dan tidak berbahaya, bahkan tidak terasa sakit. Namun, jika hal tersebut terjadi terlalu sering dan berlaku berulang kali, Anda patut curiga, apalagi apabila timbul rasa panas pada kerongkongan Anda dan mulas atau mual. Namun, ada refluks gastroesofagal atau disebut GERD yaitu bentuk refluks asam yang terjadi paling serius dalam tubuh. Mungkin, ada beberapa pertanyaan di kepala Anda, yaitu bisakah mengatasi asam lambung tanpa obat? Bisa kok! Berikut 7 cara mudah mengatasinya.

Jangan Makan Berlebihan

Makan makanan secara berlebihan alias jumlah besar bisa memperburuk keadaan asam lambung Anda. Salah satu langkah yang bisa membantu meminimalkan refluks asam adalah menghindari makan dalam jumlah besar alias porsi secukupnya menjadi cara mengatasi asam lambungyang pertama sekaligus mengatur diet dengan tepat.

Menurunkan Berat Badan

Bagi sebagian obesitas bisa meredakan asam lambung dengan menurunkan berat badan secara perlahan. Mulailah dari mengatur pola makan dan terapkan poin pertama dengan benar untuk membantu proses penurunan berat badan.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung?

Diet Rendah Karbohidrat

Banyaknya bukti bahwa dengan diet rendah karbohidrat bisa menjadi salah satu cara mengatasiasam lambungyang ampuh. Karbohidrat yang tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan kemudian meningkatkan tekanan dalam perut. Hal ini pula menjadi salah satu penyebab paling umum dari asam lambung yang dialami Anda.

Banyaknya karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan akan membuat kandungan gas tinggi hingga Anda mengalami kembung. Hal ini juga yang membuat Anda lebih sering bersendawa.

Hindari atau Batasi Alkohol

Siapa yang hobi minum alkohol? Alkohol bisa menjadi salah satu penyebab parahnya asam lambung. Sehingga cara untuk mengatasi asamlambung terkait penyebab yang satu ini adalah dengan membatasi alkohol. Syukur-syukur kalau bisa menghindari alkohol selama Anda hidup. Selain itu, minumlah banyak air putih karena selain sehat, air putih juga bisa untuk mengurangi asam lambung.

Batasi Minum Kopi

Kafein di dalam minuman kopi bisa menjadi salah satu penyebab munculnya asam lambung. Dengan membatasi asupan kafein atau mengganti dengan kopi tanpa kafein bisa membantu Anda mengurangi asam lambung.

Hindari Bawang Mentah

Selain beberapa penyebab di atas, makan makanan yang mengandung bawang mentah juga mampu meningkatkan asam lambung serta tingginya gas sehingga menyebabkan Anda sering bersendawa. Bawang mentah juga mampu mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas perut. Apa pun alasannya, jika bawang mentah bisa memicu naiknya asam lambung Anda, maka cara mengatasinya adalah menghindari bawang mentah.

Batasi Asupan Minuman Karbonasi

Minuman ringan atau softdrink berkarbonasi juga sering dikaitkan dengan meningkatnya asam lambung serta tingkat sendawa. Efek dari meminum minuman ini bisa meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan. Sehingga, batasi asupan meminumnya. Gantilah dengan air putih saja.

Itulah tujuh cara mengatasi asam lambung tanpa obat yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Sanggup nggak menjalaninya? Mudah begitu, siapa yang nggak bisa, iya, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *